PROGRAM KERJA
KESISWAAN
SMPN 30 DEPOK
BAB I
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Pencapaian tujuan pendidikan di SMPN
30 Depok hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang sama dari seluruh warga
sekolah dan pihak-pihak terkait lainnya, bahwa sekolah merupakan tempat
penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan, mengembangkan dan
meningkatkan nilai-nilai budi pekerti (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam
upaya pencapai pengetahuan.
Pembinaan terhadap siswa merupakan
salah satu bagian yang senantiasa harus mendapat perhatian dari semua pihak,
oleh karena itu dalam pola pembinaan tersebut perlu dikemas dengan berbagai
kegiatan/aktifitas yang dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa,
mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta ketrampilan siswa.menumbuhkan
daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar
maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.
2. TUJUAN
a.
Untuk terciptanya iklim pembelajaran
yang kondusif
b.
Untuk harmonisasi hubungan antara
sesama siswa, Guru bahkan dengan masyarakat yang berada dekat lingkungan
sekolah
c.
Untuk meningkatkan kesadaran dan
kepekaan terhadap berbagai macam kesulitan yang dihadapi oleh rekannya .
d.
Untuk memperdalam dan memperluas
pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki
pengetahuan siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program
kurikulum yang ada. (terlampir)
e.
Untuk kelanturan dan fleksibilitas
mental, pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian siswa.
f.
Untuk mengembangkan bakat dan minat
, kreatifitas serta keterampilan siswa dalam
bidang olahraga.
3. LANDASAN HUKUM
a.
Undang – Undang Nomor 20
Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
b.
Keputusan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0461/U/1984 Tentang
Pembinaan Kesiswaan.
c.
Surat Keputusan Direktur
Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22/c/Kep./o/1992,
Tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
d.
Program kerja SMPN 30
Tahun Pelajaran 2021-2022.
4. PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER
Dalam kegiatan Kesiswaan ini sangat
menekannya akhlak mulia yang meliputi Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong
Royong, dan Integritas.
BAB II
RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
Dalam pembinaan kesiswaan kepala
sekolah mempunyai peranan sentral, karena berfungsi sebagai manager yang mampu
menggerakkan sumber daya manusia lainsecara optimal, serta penyediaan sarana
prasarana yang memadai, di samping menciptakan suasana yang mendukung
keberhasilan pembinaan kesiswaan. Oleh karena itu kepala sekolah menunjuk
urusan Kesiswaan dan Pembina OSIS untuk membantu dalam merealisasikan pembinaan
tersebut.
Pembina adalah guru yang di beri
kepercayaan untuk membimbing menggerakkan serta mengatur program kegiatan. Oleh
karena itu guru pembina dituntut memiliki kemampuan untuk dapat menumbuhkan
motivasi dalam mengikuti program ekstrakurikuler. Orang tua siswa merupakan mitra kerja yang sangat diperlukan
guna terlaksananya kegiatan ini, bahkan dari orang tua siswa diharapkan dapat
pula memberikan bimbingan, khususnya pada saat siswa berada diluar kelas/sekolah,
baik di masyarakat maupun di dalam keluarga.
Partisipasi orang tua dan masyarakat
merupakan pencerminan terwujudnya prinsip, yaitu bahwa pendidikan adalah
tanggung jawab bersama antara orang tua, masyarakat dan pemerintah.Dalam
mengoptimalkan pembinaan kesiswaan, terdapat 4 jalur pembinaan yang tidak dapat
dipisahkan, yaitu :
A. OSIS
OSIS merupakan tempat atau wadah kehidupan berkelompok
siswa dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Oleh karena itu OSIS sebagai suatu sistem yang ditandai beberapa ciri-ciri
pokok, yaitu :
a.
Berorientasi pada tujuan
b.
Memiliki susunan kehidupan kelompok
c.
Terkoordinir
d.
Berkelanjutan dalam kurun waktu
tertentu
Pada umumnya
tujuan pembinaan kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif
peserta didik untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wiyata mandala sehingga
terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kehidupan nasional,
menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang
dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.
B. WAWASAN
WIYATA MANDALA
Wawasan
wiyata mandala merupakan wawasan yang menjamin berlangsungnya proses pendidikan
yang bersifat mengikat setiap warga sekolah sebagi suatu wahana menuju
tercapainya tujuan pendidikan. Dengan demikian WWM harus dapat menjamin semua
unsur-unsur penunjang yang akhirnya akan bermuara pada kondisi dinamis
kehidupan sekolah.
Pencapaian
tujuan pendidikan yang diharapkan hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang
sama dari seluruh warga sekolah dan pihak-pihak terkait lainnya, bahwa sekolah
merupakan tempat penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan,
mengembangkan dan meningkatkan nilai (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam
upaya pencapai pengetahuan.
Unsur-unsur dari WWM yang merupakan satu kesatuan yang
tidak bisa dipisah-pisahkan dan saling terkait dan saling mempengaruhi adalah :
a.
Terciptanya iklim pembelajaran yang
kondusif
b.
Terciptanya hubungan yang harmonis
antara sesama warga sekolah maupun dengan masyarakat yang berada dekat
lingkungan sekolah
c.
Tertatanya Lingkungan Sekolah yang
sehat
C.
KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan
sebagai salah satu fungsi management yang tidak
lain merupakan suatu kiat atau wibawa seseorang yang mampu menggerakan orang
lain, baik secara peorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi.
Dilihat dari
prosesnya kepemimpinan merupakan suatu proses mengarahkan, dipimpin dan
mempengaruhi dalam memilih dan mencapai tujuan. Sementara kalau di tinjau dari
tugas yang diemban, kepemimpinan adalah kemampuan guna mempengaruhi dan
menggerakkan individu atau sekelompok orang untuk dapat melaksanakan perannya
dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Keberhasilan
kepemimpinan seseorang akan banyak ditentukan oleh sejauh mana penguasaan
seorang pemimpin terhadap pencapaian proses dan tujuan yang dicapai. Sebagai
indicator keberhasilan tersebut, maka dapat dilihat dari pencapaian
keberhasilan unsur-unsur yang ada di dalamnya, seperti :
a. Kesadaran
terhadap pribadi dirinya, terhadap orang lain dan situasi yang ada disekitarnya
b. Kesadaran
terhadap berbagai macam kesulitan yang diahadapi, persepasi dan komunikasi yang
tepat
c. Kelanturan
dan fleksibilitas mental
d. Kecakapan
untuk memecahkan masalah
e. Kemauan
untuk mengambil tindakan
f. Kemauan
untuk bekerja.
Berbagai bentuk kegiatan yang mengarah kepada
indikator seperti diuraikan di atas, yaitu seperti :
a. Latihan
Dasar Kepemimpinan
b. Kepramukaan
D.
EKSTRAKURIKULER
Ekstrakurikuler
merupakan kegiatan di luar jam pelajaran dan pada waktu libur sekolah yang
didilakukan di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Ekstrakurikuler
juga merupakan salah satu jalur dalam membina siswa yang bertujuan sebagai
berikut :
a.
Untuk memperdalam dan memperluas
pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki
pengetahuian siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program
kurikulum yang ada. (terlampir)
b.
Untuk melengkapi upaya pembinaan ,
pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian siswa. (terlampir)
c.
Untuk mengembangkan bakat dan minat
, kreatifitas serta ketrampilan siswa.
Dari 4
(empat) jalur pembinaan di atas dapat kami gambarkan pada BAB III tentang
teknis Pelaksanaan kegiatan yang disampaikan kepada seluruh siswa.
BAB III
POTRET KEGIATAN
Kegiataan Pembinaan kesiswaan SMPN 30 Depok yang
diawali dengan penerimaan siswa baru , yang kemudian dilanjutkan dengan
pengenalan kondisi sekolah yang dikemas dengan kegiatan yang diberi nama Masa Pengenalan
Lingkungan Sekolah (MPLS). Dalam kegiatan tersebut seluruh kegiatan yang sudah
diprogramkan oleh pihak sekolah diperkenalkan kepada seluruh siswa terutama
siswa baru, baik kegiatan yang sudah dilakukan dan atau yang akan ditawarkan
pada setiap tahun pelajaran.
Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dibagi
menjadi 3 bagian, sebagai berikut :
A. KEORGANISASIAN
Dalam upaya
melatih dan meningkatkan wawasan tentang keorganisasian, maka dalam berbagai
kesempatan para siswa dilibatkan untuk berperan serta pada kegiatan yang sudah
diagendakan oleh sekolah, yang meliputi penyelenggarakan berbagai macam
kepanitian hari-hari besar Nasional/Islam, seperti panitia Hari Kemerdekaan,
Hari Kartini, dan lain-lain
B. KEPEMIMPINAN
Berbagai
kegiatan yang diagendakan oleh sekolah, guna mengoptimalkan kemampuan siswa dalam menggapai prestasi olahraga sesuai dengan cabang olahraga masing
masing. (secara khusus untuk pengurus OSIS)
C. PENGEMBANGAN
DIRI
Kegiatan
yang berorientasi pada upaya pengembangan diri para siswa diprogramkan untuk
dapat diikuti oleh para siswa. Adapun kegiatan tersebut, sebagai berikut :
a.
Pengembangan Prestasi Olahraga :
·
Olahraga Prestasi, Siswa di arahkan untuk pembinaan prestasi olahraga 60% di club yang ada di
bawah naungan KONI yang di orientasikan untuk perlombaan OSN dan Event lainnya.
b. Bakat dan
Minat yang meliputi :
·
Pembinaan ( Sepak Bola, Voli dan Taekwondo )
·
Extrakurikuler ( Pramuka )
BAB IV
PROGRAM
KESISWAAN
Rincian
Program Kesiswaan
Adapun rincian program kegiatan
kesiswaan SMPN 30 Depok tahun pelajaran 2022-2023 adalah sebagai berikut :
N0 |
JENIS
KEGIATAN |
SASARAN (
TUJUAN ) |
BULAN |
1 |
PPDB |
Terpenuhinya kuota kelas |
JULI |
2 |
Penyelenggaraan MPLS |
Memberikan dasar dan mewujudkan siswa untuk mampu
beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru |
19,21,22 Juli 2022 |
3 |
PHBI Korban ( Idul Adha) |
Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan keluarga besar
SMPN 30 Depok |
21 Juli 2022 |
4 |
Hari Pramuka |
-Tertanamnya
jiwa kemandirian dan generasi yang mampu berkarya -Meningkatkan
kemandirian dan jiwa kepemimpinan |
14 Agustus 2022 |
5 |
HUT RI & HUT SMPN 30 Depok |
Memperingati hari
kemerdekaan RI |
16-20 Agustus 2022 |
6 |
Hari Batik Nasional |
Siswa siswa agar lebih
mempunyai rasa memiliki karya anak bangsa melalui hari batik nasional |
2 Oktober 2022 |
7 |
Kegiatan Bulan Bahasa |
Memotivasi siswa siswi dalam
berbahasa |
Oktober 2022 |
8 |
Hari Guru |
Tertanamnya jiwa siswa siswi
untuk menghormati dan menghargai jasa bapak ibu guru |
25 November 2022 |
9 |
Hari Korpri |
29 November 2022 |
|
10 |
Class meeting |
Memunculkan siswa siswi
prestasi dalam bidang olahraga |
13-18 Desember 2022 |
11 |
Hari Kartini |
Mengenang jasa pahlawan Ra
Kartini |
21 April 2022 |
12 |
Kegiatan penumbuhan Budi Pekerti |
Menanamkan rasa jiwa kemandirian dan bertanggung jawab |
4-23 April 2022 |
13 |
HUT Kota Depok |
Meningkatkan peran serta
sekolah |
27 April 2022 |
14 |
Hari Pendidikan Nasional |
Memotivasi siswa siswi agar
lebih giat dalam menuntut ilmu |
2 Mei 2022 |
15 |
Hari Kebangkitan Nasional |
20 Mei 2022 |
|
16 |
Pentas Seni siswa |
Melatih dan Memotivasi siswa
dalam kegiatan Pentas seni |
13-18 Juni 2022 |
17 |
Libur Semester 2 |
27-16 Juli 2022 |
|
N0 |
JENIS
KEGIATAN PEMBINAAN |
SASARAN (
TUJUAN ) |
RUTIN |
18 |
Sepak bola |
Pembinaan Sepak bola melatih keterampilan dan bakat siswa di cabang
olahraga sepak bola |
Setiap hari Selasa dan Jumat |
19 |
Taekwondo |
Pembinaan Taekwondo melatih keterampilan dan bakat siswa di cabang
olahraga Taekwondo |
Setiap hari Senin dan Kamis |
20 |
Voli |
Pembinaan Voli melatih keterampilan dan bakat siswa di cabang olahraga
Voli |
Selasa dan Jumat |
21 |
Pencak silat |
Pembniaan pencak silat prestasi |
Senin dan Rabu |
22 |
Futsal |
Pembinaan Futsal prestasi SMPN 30 |
Senin dan Rabu |
23 |
Badminton |
Pembinaan Badminton prestasi SMPN 30 |
Sabtu |
24 |
Marawis |
Pembinaan karakter dalam keagamaan |
Rabu |
25 |
Sambut siswa |
Melatih budaya siswa bersalaman di lingkungan sekolah |
Setiap Hari |
26 |
Upacara Bendera |
Pembinaan rutin siswa |
Senin |
27 |
Sholat duha berjamaah |
keagamaan |
Jumat |
28 |
Kedisiplinan Siswa |
Pembinaan rutin siswa |
Setiap hari |
29 |
Pramuka |
Pembinaan wajib |
Rabu |
BAB V
PENUTUP
Dengan kesungguhan hati dan senantiasa bertawakal
kepada Allah SWT, mudah-mudahan berbagai langkah dan upaya yang telah kita
programkan dalam mengoptimalkan pembinaan siswa kepada
seluruh siswa siswi SMPN 30 DEPOK, senantiasa
mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita semua.
Terima kasih kepada semua pihak yang
telah berperan aktif dalam penyelesaian program ini, dan sekaligus mohon
kiranya saran dan masukan untuk lebih sempurnanya program pembinaan kesiswaan
di masa yang akan datang Aamiin.
Depok, Juli 2023
Kepala
UPTD SMP Negeri 30 Depok Kesiswaan
Agus Prasetio, M.Pd Junaidi, S.Pd
NIP. 19710903 200604 1 007
NIP.199007202019031004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar