Jumat, 10 November 2023

PROGRAM KERJA KESISWAAN.

 

 

PROGRAM KERJA

KESISWAAN

 

 

 

SMPN 30 DEPOK

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.      LATAR BELAKANG

 

Pencapaian tujuan pendidikan di SMPN 30 Depok hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang sama dari seluruh warga sekolah dan pihak-pihak terkait lainnya, bahwa sekolah merupakan tempat penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan, mengembangkan dan meningkatkan nilai-nilai budi pekerti (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam upaya pencapai pengetahuan.

Pembinaan terhadap siswa merupakan salah satu bagian yang senantiasa harus mendapat perhatian dari semua pihak, oleh karena itu dalam pola pembinaan tersebut perlu dikemas dengan berbagai kegiatan/aktifitas yang dapat memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta ketrampilan siswa.menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.

 

2.      TUJUAN

a.       Untuk terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif

b.      Untuk harmonisasi hubungan antara sesama siswa, Guru bahkan dengan masyarakat yang berada dekat lingkungan sekolah

c.       Untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap berbagai macam kesulitan yang dihadapi oleh rekannya .

d.      Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki pengetahuan siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang ada. (terlampir)

e.       Untuk kelanturan dan fleksibilitas mental, pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian siswa.

f.        Untuk mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta keterampilan siswa dalam bidang olahraga.

 

3.      LANDASAN HUKUM

a.       Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

b.      Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0461/U/1984 Tentang Pembinaan Kesiswaan.

c.       Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22/c/Kep./o/1992, Tentang   Pedoman Pembinaan Kesiswaan.

d.      Program kerja SMPN 30 Tahun Pelajaran 2021-2022.

 

4.      PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Dalam kegiatan Kesiswaan ini sangat menekannya akhlak mulia yang meliputi Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas.

 

BAB II

RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN

 

Dalam pembinaan kesiswaan kepala sekolah mempunyai peranan sentral, karena berfungsi sebagai manager yang mampu menggerakkan sumber daya manusia lainsecara optimal, serta penyediaan sarana prasarana yang memadai, di samping menciptakan suasana yang mendukung keberhasilan pembinaan kesiswaan. Oleh karena itu kepala sekolah menunjuk urusan Kesiswaan dan Pembina OSIS untuk membantu dalam merealisasikan pembinaan tersebut.

Pembina adalah guru yang di beri kepercayaan untuk membimbing menggerakkan serta mengatur program kegiatan. Oleh karena itu guru pembina dituntut memiliki kemampuan untuk dapat menumbuhkan motivasi dalam mengikuti program ekstrakurikuler. Orang tua siswa  merupakan mitra kerja yang sangat diperlukan guna terlaksananya kegiatan ini, bahkan dari orang tua siswa diharapkan dapat pula memberikan bimbingan, khususnya pada saat siswa berada diluar kelas/sekolah, baik di masyarakat maupun di dalam keluarga.

Partisipasi orang tua dan masyarakat merupakan pencerminan terwujudnya prinsip, yaitu bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara orang tua, masyarakat dan pemerintah.Dalam mengoptimalkan pembinaan kesiswaan, terdapat 4 jalur pembinaan yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :

 

A.      OSIS

OSIS merupakan tempat atau wadah kehidupan berkelompok siswa dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Oleh karena itu OSIS sebagai suatu sistem yang ditandai beberapa ciri-ciri pokok, yaitu :

a.    Berorientasi pada tujuan

b.    Memiliki susunan kehidupan kelompok

c.     Terkoordinir

d.    Berkelanjutan dalam kurun waktu tertentu

Pada umumnya tujuan pembinaan kesiswaan adalah meningkatkan peran serta dan inisiatif peserta didik untuk menjaga dan membina sekolah sebagai wiyata mandala sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh yang bertentangan dengan kehidupan nasional, menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah sendiri.

 

B.       WAWASAN WIYATA MANDALA

Wawasan wiyata mandala merupakan wawasan yang menjamin berlangsungnya proses pendidikan yang bersifat mengikat setiap warga sekolah sebagi suatu wahana menuju tercapainya tujuan pendidikan. Dengan demikian WWM harus dapat menjamin semua unsur-unsur penunjang yang akhirnya akan bermuara pada kondisi dinamis kehidupan sekolah.

Pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan hendaknya diawali adanya suatu persepsi yang sama dari seluruh warga sekolah dan pihak-pihak terkait lainnya, bahwa sekolah merupakan tempat penyelenggarakan proses pendidikan guna menanamkan, mengembangkan dan meningkatkan nilai (norma agama), IPTEK dan wawasan dalam upaya pencapai pengetahuan.

Unsur-unsur dari WWM yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan dan saling terkait dan saling mempengaruhi adalah :

a.         Terciptanya iklim pembelajaran yang kondusif

b.         Terciptanya hubungan yang harmonis antara sesama warga sekolah maupun dengan masyarakat yang berada dekat lingkungan sekolah

c.         Tertatanya Lingkungan Sekolah yang sehat

 

C.    KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan sebagai salah satu fungsi management yang tidak lain merupakan suatu kiat atau wibawa seseorang yang mampu menggerakan orang lain, baik secara peorangan maupun kelompok di dalam suatu organisasi.

Dilihat dari prosesnya kepemimpinan merupakan suatu proses mengarahkan, dipimpin dan mempengaruhi dalam memilih dan mencapai tujuan. Sementara kalau di tinjau dari tugas yang diemban, kepemimpinan adalah kemampuan guna mempengaruhi dan menggerakkan individu atau sekelompok orang untuk dapat melaksanakan perannya dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Keberhasilan kepemimpinan seseorang akan banyak ditentukan oleh sejauh mana penguasaan seorang pemimpin terhadap pencapaian proses dan tujuan yang dicapai. Sebagai indicator keberhasilan tersebut, maka dapat dilihat dari pencapaian keberhasilan unsur-unsur yang ada di dalamnya, seperti :

a. Kesadaran terhadap pribadi dirinya, terhadap orang lain dan situasi yang ada disekitarnya

b. Kesadaran terhadap berbagai macam kesulitan yang diahadapi, persepasi dan komunikasi yang tepat

c. Kelanturan dan fleksibilitas mental

d. Kecakapan untuk memecahkan masalah

e. Kemauan untuk mengambil tindakan

f.  Kemauan untuk bekerja.

Berbagai bentuk kegiatan yang mengarah kepada indikator seperti diuraikan di atas, yaitu seperti :

a.     Latihan Dasar Kepemimpinan

b.    Kepramukaan

 

D.    EKSTRAKURIKULER

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan di luar jam pelajaran dan pada waktu libur sekolah yang didilakukan di lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Ekstrakurikuler juga merupakan salah satu jalur dalam membina siswa yang bertujuan sebagai berikut :

a.     Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, dalam arti memperkaya, mempertajam serta memperbaiki pengetahuian siswa yang berkaitan dengan mata pelajaran sesuai dengan program kurikulum yang ada. (terlampir)

b.    Untuk melengkapi upaya pembinaan , pemantapan dan pembentukan nilai-nilai kepribadian siswa. (terlampir)

c.     Untuk mengembangkan bakat dan minat , kreatifitas serta ketrampilan siswa.

Dari 4 (empat) jalur pembinaan di atas dapat kami gambarkan pada BAB III tentang teknis Pelaksanaan kegiatan yang disampaikan kepada seluruh siswa.

 

BAB III

POTRET KEGIATAN

 

Kegiataan Pembinaan kesiswaan SMPN 30 Depok yang diawali dengan penerimaan siswa baru , yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan kondisi sekolah yang dikemas dengan kegiatan yang diberi nama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Dalam kegiatan tersebut seluruh kegiatan yang sudah diprogramkan oleh pihak sekolah diperkenalkan kepada seluruh siswa terutama siswa baru, baik kegiatan yang sudah dilakukan dan atau yang akan ditawarkan pada setiap tahun pelajaran.

Adapun kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dibagi menjadi 3 bagian, sebagai berikut :

A.  KEORGANISASIAN

Dalam upaya melatih dan meningkatkan wawasan tentang keorganisasian, maka dalam berbagai kesempatan para siswa dilibatkan untuk berperan serta pada kegiatan yang sudah diagendakan oleh sekolah, yang meliputi penyelenggarakan berbagai macam kepanitian hari-hari besar Nasional/Islam, seperti panitia Hari Kemerdekaan, Hari Kartini, dan lain-lain

B.  KEPEMIMPINAN

Berbagai kegiatan yang diagendakan oleh sekolah, guna mengoptimalkan kemampuan siswa dalam menggapai prestasi olahraga sesuai dengan cabang olahraga masing masing.   (secara khusus untuk pengurus OSIS)

C.  PENGEMBANGAN DIRI

Kegiatan yang berorientasi pada upaya pengembangan diri para siswa diprogramkan untuk dapat diikuti oleh para siswa. Adapun kegiatan tersebut, sebagai berikut :

a.        Pengembangan Prestasi Olahraga :

·      Olahraga Prestasi, Siswa di arahkan untuk pembinaan prestasi olahraga 60% di club yang ada di bawah naungan KONI yang di orientasikan untuk perlombaan OSN dan Event lainnya.

 

b.    Bakat dan Minat yang meliputi :

·      Pembinaan (  Sepak Bola, Voli dan Taekwondo )

·      Extrakurikuler  ( Pramuka )


BAB IV

PROGRAM KESISWAAN

 

Rincian Program Kesiswaan

Adapun rincian program kegiatan kesiswaan SMPN 30 Depok tahun pelajaran 2022-2023 adalah sebagai berikut :

N0

JENIS KEGIATAN

SASARAN ( TUJUAN )

BULAN

1

PPDB

Terpenuhinya kuota kelas

JULI

2

Penyelenggaraan MPLS

Memberikan dasar dan mewujudkan siswa untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru

19,21,22 Juli 2022

3

PHBI Korban ( Idul Adha)

Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan keluarga besar SMPN 30 Depok

21 Juli 2022

 

 

4

Hari Pramuka

-Tertanamnya jiwa kemandirian dan generasi yang mampu berkarya

 

-Meningkatkan kemandirian dan jiwa kepemimpinan

 

14 Agustus 2022

5

HUT RI & HUT SMPN 30 Depok

Memperingati hari kemerdekaan RI

16-20 Agustus 2022

6

Hari Batik Nasional

Siswa siswa agar lebih mempunyai rasa memiliki karya anak bangsa melalui hari batik nasional

2 Oktober 2022

7

Kegiatan Bulan Bahasa

Memotivasi siswa siswi dalam berbahasa

Oktober 2022

 

 

8

Hari Guru

Tertanamnya jiwa siswa siswi untuk menghormati dan menghargai jasa bapak ibu guru

25 November 2022

 

 

9

Hari Korpri

29 November 2022

10

Class meeting

Memunculkan siswa siswi prestasi dalam bidang olahraga

13-18 Desember 2022

11

Hari Kartini

Mengenang jasa pahlawan Ra Kartini

21 April 2022

12

Kegiatan penumbuhan Budi Pekerti

Menanamkan rasa jiwa kemandirian dan bertanggung jawab

4-23 April 2022

13

HUT Kota Depok

Meningkatkan peran serta sekolah

27 April 2022

14

Hari Pendidikan Nasional

Memotivasi siswa siswi agar lebih giat dalam menuntut ilmu

2 Mei 2022

15

Hari Kebangkitan Nasional

20 Mei 2022

16

Pentas Seni siswa

Melatih dan Memotivasi siswa dalam kegiatan Pentas seni

13-18 Juni 2022

17

Libur Semester 2

27-16 Juli 2022

N0

JENIS KEGIATAN PEMBINAAN

SASARAN ( TUJUAN )

RUTIN

18

Sepak bola

Pembinaan Sepak bola melatih keterampilan dan bakat siswa di cabang olahraga sepak bola

Setiap hari Selasa dan Jumat

19

Taekwondo

Pembinaan Taekwondo melatih keterampilan dan bakat siswa di cabang olahraga Taekwondo

Setiap hari Senin dan Kamis

20

Voli

Pembinaan Voli melatih keterampilan dan bakat siswa di cabang olahraga Voli

Selasa dan Jumat

21

Pencak silat

Pembniaan pencak silat prestasi

Senin dan Rabu

22

Futsal

Pembinaan Futsal prestasi SMPN 30

Senin dan Rabu

23

Badminton

Pembinaan Badminton prestasi SMPN 30

Sabtu

24

Marawis

Pembinaan karakter dalam keagamaan

Rabu

25

Sambut siswa

Melatih budaya siswa bersalaman di lingkungan sekolah

Setiap Hari

26

Upacara Bendera

Pembinaan rutin siswa

Senin

27

Sholat duha berjamaah

keagamaan

Jumat

28

Kedisiplinan Siswa

Pembinaan rutin siswa

Setiap hari

29

Pramuka

Pembinaan wajib

Rabu

 

BAB V

PENUTUP

 

 

Dengan kesungguhan hati dan senantiasa bertawakal kepada Allah SWT, mudah-mudahan berbagai langkah dan upaya yang telah kita programkan dalam mengoptimalkan pembinaan siswa kepada seluruh siswa siswi SMPN 30 DEPOK, senantiasa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita semua.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam penyelesaian program ini, dan sekaligus mohon kiranya saran dan masukan untuk lebih sempurnanya program pembinaan kesiswaan di masa yang akan datang Aamiin.

 

                                                                                    Depok,    Juli 2023

 

 

 

 

 

Kepala UPTD SMP Negeri 30 Depok                                    Kesiswaan

 

 

Agus Prasetio, M.Pd                                                               Junaidi, S.Pd

NIP. 19710903 200604 1 007                                                NIP.199007202019031004                                                                           

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar